Oleh: ipmtanggungan | Agustus 31, 2010

KAJIAN ISLAM DAN SAFARI ROMADLON PIMPINAN DAERAH PEMUDA MUHAMMADIYAH LAMONGAN

kajian PM

Kajian Kristologi sebagai Wahana Pengayaan dan Pemahaman Para Kader

Dalam mengisi bulan Romadlon yang penuh hikmah, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadyah Lamongan mengadakan kajian tiap minggu di Cabang yang ada di Lamongan. Pada Kajian pertama diadakan di Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Ngimban. Kemudian, pada kajian kedua diadakan di Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Laren. Serta, kajian ketiga (hingga tulisan ini di posting) Bertempat di Perguruan Muhammadiyah Menongo Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Sukodadi. Ketiga kajian tersebut dapat berlangsung dengan lancar dengan peserta yang antusias terhadap kajian. Dan insyaallah rencana kajian keempat di laksanakan di Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kembangbahu.
Dalam kajian ketiga yang bertempat di Perguruan Muhammadiyah Menongo, sambutan iftitah di isi oleh Drs. Abu Ali, S.Pd selaku PC Muhammadiyah Sukodadi, kemudian dilanjut sambutan Pemuda Muhammadiyah Cabang Sukodadi (Wahyudin Ahmadi, SH), selanjutnya di isi sambutan Ketua Pemuda Muhammadiyah Daerah Lamongan (Sujarwo, ST). Setelah acara sambutan-sambutan selesai kemudian dilanjut dengan acara inti, sebagai pembicaranya adalah Drs. Mashud dari Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur. Beliau menyampaiakn materi dengan tema “Kajian Kristologi sebagai Wahana Pengayaan dan Pemahaman Para Kader”. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan beberapa firman Allah SWT:
QS. Al-Maidah: 21, 72-73;
21. Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu(Maksudnya: tanah Palestina itu ditentukan Allah bagi kaum Yahudi selama mereka iman dan taat kepada Allah), dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.
72. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.
73. Sesungguhnya kafirlah orang0orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

QS. Al-A’raaf: 155-156
155. Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan taubat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: “Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki[573]. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya.”
156. Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau. Allah berfirman: “Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

Ayat tersebut diterangkan berkaitan dengan peristiwa yang terjadi belakangan ini, pergerakan kristenisasi di Indonesia yang mulai meningkat. Diterangkan bahwa aksi kristenisasi sebenarnya telah dilakukan sebelum Indonesia merdeka dan hingga hari ini tetap berlangsung. Mereka menggunakan beberbagai macam metode untuk mengkristenkan orang lain. Baik melalui jalur formal (Partai politik) maupun informal. Target kristenisasi ini adalah daerah-daerah berpenduduk islam yang labil. salah satu cara lain kristenisasi adalah mengadakan seminar-seminar seperti seminar “Majapahit adalah Surga yang Hilang sebagai pertanyaan adalah siapa yang menghancurkan surga itu?”.
Materi yang menarik serta pemateri yang berkompeten dibidangnya membuat Kajian yang dihadiri hampir 100 kader Pemuda Muahmmadiyah Se-Daerah Lamongan  tersebut berlangsung dengan semarak. Serta yang membuat menambah gembira ialah buka bersama yang disiapkan oleh PC Pemuda Muhammadiyah setempat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: